A. Rincian TATIB
No.
|
Hal
|
Saran
|
Sanksi bagi yang melanggar
|
Ket.
|
1
|
Songkok
Nasional/Kopiah yang sudah tidak layak pakai dan tidak digunakan sebagaimana
mestinya.
|
Diganti
dan diperbaiki (cara memakainya)
|
Dengan
terpaksa kami akan merampas, bahkan dengan sanksi pengurangan nilai.
|
Siswa
|
2
|
Rambut
yang panjangnya melebihi ambang batas kewajaran, dicat, atau diwarnai.
|
Dicukur/dipotong
|
Dengan
terpaksa kami akan mencukurnya, bahkan dengan sanksi pengurangan nilai.
|
Siswa & Siswi
|
3
|
Menggunakan
jilbab tetapi terkesan mubaddzir.
|
Pergunakan
jilbab sebagaimana mestinya (menutupi
rambut, leher, dan bagian dada)
|
Teguran
atau dipanggil ke kantor, bahkan dengan sanksi pengurangan nilai.
|
Siswi
|
4
|
Seragam
yang tidak dipakai dengan rapi dan tidak memakai sepatu.
|
Berseragamlah
dengan lengkap, bersih dan rapi.
|
Teguran
atau dipanggil ke kantor, bahkan dengan sanksi pengurangan nilai.
|
Siswa & Siswi
|
5
|
Dilarang
membawa HP/alat elektronik ke dalam kelas. Kecuali memang dibutuhkan ketika
KBM berlangsung. Seperti kalkulator, dll.
|
Jika
terpaksa membawa, titiplah ke kantor.
|
Dengan
sangat terpaksa kami akan merampas, bahkan dengan sanksi pengurangan nilai.
|
Siswa & Siswi
|
6
|
Ke
pasar / keluar lingkungan Madrasah pada jam istirahat.
|
Jika
memang terpaksa, pamitlah kepada guru.
|
Teguran
atau dipanggil ke kantor, bahkan dengan sanksi pengurangan nilai.
|
Siswa & Siswi
|
7
|
Pulang
sebelum jam pelajaran usai atau sebelum bel akhir pelajaran berbunyi, dan
keluar kelas ketika jam aktif KBM.
|
Jika
tidak ada KBM pada jam aktif pelajaran, maka lebih baik membaca buku di dalam
kelas.
|
Teguran
atau dipanggil ke kantor, bahkan dengan sanksi pengurangan nilai.
|
Siswa & Siswi
|
8
|
Menggunakan
berbagai macam bentuk (baju) kaos ketika KBM berlangsung (Diniyah/sore).
|
Berpakaianlah
dengan rapi dan sopan.
|
Teguran
atau dipanggil ke kantor, bahkan dengan sanksi pengurangan nilai.
|
Siswa & Siswi
|
9
|
Presentase kehadiran (90%).
|
-
|
Perjanjian
|
Siswa & Siswi
|
10
|
Presentase kehadiran di bawah (90%)
|
-
|
Tidak
boleh ikut Ujian Semester
|
Siswa & Siswi
|
Nb.
1. Selain
sanksi sebagaimana tertulis di atas, setiap siswa/siswi yang melakukan
pelanggaran maka akan dikenai sanksi tambahan berupa menulis karya berbentuk
cerpen, puisi, naskah pidato dan teks berita (pilih salah satu) dengan
ketentuan sebagaimana tertulis (lihat
poin B).
2. Siswa/siswi
tidak mengikuti KBM baik dengan atau tanpa surat idzin, maka sebanyak hitungan
hari yang bersangkutan tidak mengikuti KBM, sebanyak itu juga harus menulis
karya sebagaimana point (1). Kecuali surat idzin sakit atau kifayah.
3. Setiap
hari sabtu dan Selasa, siswa/siswi (yang
ditunjuk oleh ketua kelas) diwajibkan menyetor karya berbentuk cerpen,
puisi, dan cerita lucu (anekdot)
dengan ketentuan sebagaimana tertulis (lihat
poin B) untuk ditempel di papan (media)
kreasi siswa.
4. Bekali
diri dengan iman dan taqwa.
5. Bersikaplah
sopan dan santun baik di sekolah ataupun di rumah.
6. Jangan
sering bolos dan rajin belajar.
7. Kasih
contoh yang baik buat adik-adik kelas.
B. Ketentuan Penulisan Karya Tulis
No.
|
Jenis Karya Tulis
|
Ketentuan
|
1
|
Cerpen
|
Ø Tema : Tentang
kegiatan diri sendiri, baik di sekolah atau di rumah.
Ø Minimal 1
halaman kertas tulis.
Ø Menggunakan
tata tulis dan bahasa yang baik dan benar.
|
2
|
Puisi
|
Ø Tema : Bebas
kecuali tema percintaan
Ø Menggunakan
tata tulis dan bahasa yang baik dan benar.
|
3
|
Naskah Pidato
|
Ø Tema : Bebas
Ø Minimal 2
halaman kertas tulis.
Ø Menggunakan
tata tulis dan bahasa yang baik dan benar.
|
4
|
Teks Berita
|
Ø Tema : Bebas
Ø Berita harus
teraktual dan dapat dipercaya.
Ø Dilengkapi dengan
sumber berita tersebut didapat.
Ø Menggunakan
tata tulis dan bahasa yang baik dan benar.
|
5
|
Cerita Lucu (Anekdot)
|
Ø Tema Bebas,
kecuali yang mengandung kata-kata vulgar (tidak
layak untuk dikonsumsi).
Ø Minimal 1
halaman kertas tulis.
Ø Menggunakan
tata tulis dan bahasa yang baik dan benar.
|
Mengetahui,
Ketua Yayasan Kepala
Sekolah
Manarul Iftitah MTs.
Al-Manar
H.
RUMHOL ISLAM, S. Pd. I KHAIRUDDIN, S. Pd. I
0 komentar:
Posting Komentar